Aktivitas yang Menarik untuk Mengasah Kecerdasan Majemuk Anda


Di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang teori kecerdasan majemuk beserta ciri-cirinya, sekarang kami akan memberikan beberapa aktivitas yang menarik untuk mengasah kecerdasan majemuk anda sesuai dengan teori multiple intelligences dari Howard Gardner :

1. Kecerdasan Linguistik : bagi anda yang sangat suka dengan kata-kata atau pandai merangkai kata-kata. Ada beberapa aktivitas yang cocok nih bagi anda dengan tipe ini seperti story-telling, menulis cerita atau bermain permainan yang berhubungan dengan kata-kata seperti scrabble atau crossword puzzle.


2. Kecerdasan Logika-Matematika : tipe ini sangat suka dengan yang namanya angka atau berhitung, mereka juga orang yang teliti dan akan terus menyelesaikan masalahnya hingga selesai. Aktivitas yang cocok bagi anda seperti bermain catur, monopoli, atau seluruh kegiatan yang dapat mengasah logika anda.


3. Kecerdasan Musikal : anda dengan tipe ini sangat peka terhadap segala hal yang berhubungan dengan musik, mulai dari nada hingga tempo. Mungkin anda juga bisa membayangkan partitur musik dipikiranmu. Aktivitas yang cocok bagi anda adalah membuat lagu dan mendengarkan musik disegala aktivitas. Saat anda mendengarkan musik mungkin dapat membuat anda lebih berkonsentrasi, hebat kan!


4. Kecerdasan Spasial : anda dengan tipe ini memiliki daya imajinasi tiga dimensi yang tinggi. Anda bisa membayangkan bentuk suatu benda hingga detailnya. Anda juga memiliki daya visual dan motor skil yang tinggi. Anda cocok dalam bermain lego atau play dough. Saat belajar anda lebih suka melakukan mind-mapping karena lebih menarik dan mudah diingat buat anda dengan tipe ini.


5. Kecerdasan Bodi-Kinestetik : anda sangat suka bergerak. Anda memiliki tubuh yang lentur dan kontrol tubuh yang tinggi. Aktivitas yang cocok bagi anda nih dengan bermain permainan yang berhubungan dengan gerak seluruh tubuh seperti permainan bola, bermain peran, dan kejar-kejaran.


6. Kecerdasan Interpersonal : tipe ini mudah dekat dengan orang lain. Tipe ini biasanya disukai oleh banyak orang. Anda adalah pemimpin yang baik, anda baik dalam hal membujuk dan negosiasi dengan orang lain. Anda sangat cocok dalam bekerja dengan kelompok dibandingkan sendirian dan anda juga baik dalam menjadi tutor bagi orang lain.


7. Kecerdasan Intrapersonal : anda dengan tipe ini sangat baik dalam mengenali diri sendiri. Anda tahu apa yang ingin dilakukan dan perasaan yang sedang dialami saat ini. Anda juga sangat peka dengan keadaan disekitar dan cocok menjadi pendengar yang baik. Walaupun banyak orang yang mengira anda adalah seorang introvert tapi anda juga pandai berkomunikasi dengan orang lain. Aktivitas yang cocok bagi anda dengan menulis diary atau biografi diri anda sendiri.


8. Kecerdasan Naturalis : anda yang hobi travelling pasti memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi, anda juga sangat baik dalam menjaga lingkungan. Anda senang dengan alam dan berusaha menjaganya dari polusi agar tidak tercemar. Aktivitas yang cocok buat anda itu seperti berkebun, mendaki gunung ataupun berkemah.


Nah itu beberapa kegiatan yang cocok untuk mengasah kecerdasan majemuk anda. Manakah menurut anda yang paling sesuai dengan dirimu? Adakah yang ingin anda coba lakukan?

Referensi :
Brain-based strategies to reach every learner by J.Diane Connell

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Alternatif

Multiple Intelligences