8 Trik untuk Tidur yang Lebih Baik Menurut Atlet



Oleh Fahimah Attamimi
1801617132

Apakah Anda memiliki masalah tidur? Atlet terkenal dunia mendapatkan banyak keberhasilan mereka bukan hanya dari latihan intensif yang mereka jalani tetapi juga dari melatih tidur mereka. Tentu saja tidur yang baik sangat penting untuk kinerja mereka, dan mereka pasti bisa mengajari kita satu atau dua hal tentang itu.
Misalnya, bahkan jika Anda menganggap diri Anda sebagai orang yang mudah tidur nyenyak, para ahli masih merekomendasikan untuk menggunakan penyumbat telinga. Sering kali suara-suara kecil yang tak terduga mengganggu tidur kita dan menurunkan kualitasnya, sehingga sepasang penyumbat telinga yang sederhana bisa sangat berguna. Saat memilih penyumbat telinga, ingatlah untuk memeriksa tingkat reduksi kebisingannya. Jika Anda ingin memblokir sebagian besar suara, pilih peringkat tertinggi yang ada, yaitu 39 desibel.
Dapatkah kita meningkatkan kualitas tidur? Apa saja yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik? Mari kita sama-sama menyimak beberapa trik berdasarkan para atlet berikut ini.
1.      Tetapkan jadwal berdasarkan siklus tidur
Berdasarkan siklus tidur, tidur biasanya diukur dalam siklus 1.5 jam karena itulah waktu yang dibutuhkan oleh tubuhmu untuk memasuki semua tahap dalam tidur dan memperbaruinya sendiri. Solusi terbaik untuk orang dewasa adalah tidur setidaknya 5 siklus dalam semalam yang setara dengan 7.5 jam. Jika Anda ingin bangun jam 6.30 pagi hari maka Anda harus tidur pada jam 11 malam, dan begitu seterusnya sesuaikan dengan jadwal Anda. Jika Anda melewatkannya karna suatu alasan, lebih baik menunggu 1.5 jam sebelum memulai siklus selanjutnya.

2.      Cobalah untuk tidur miring kesamping atau telentang
Menurut Dr. John Day, seorang ahli jantung, tidur menghadap kekanan adalah salah satu posisi terbaik untuk jantung Anda. Itu membuat kerja jantung meningkat, mengurangi sasak napas, serta menurunkan detak jantung. Bagaimanapun Ia juga mengingatkan bahwa tidur menghadap kekanan tidak baik jika kamu sedang mulas. Sisi manapun yang Anda pilih pastikan tubuh dan kaki Anda relatif sejajar, ini akan memberikan diafragma dan paru-paru Anda ruang untuk bergerak dan bernapas.
Jika tidur miring tidak nyaman bagi Anda, cobalah posisi telentang. Lembaga Tidur Nasional Amerika Serikat menyatakan bahwa posisi ini adalah salah satu yang terbaik karena tidak memberikan tekanan tambahan pada kepala, leher, ataupun punggung anda. Tapi jika Anda memiliki Apnea atau sering mendengkur akan lebih baik jika tidur miring. Apapun sisi tidur yang kamu pilih pastikan tidak tidur tengkurap, karena pada posisi ini kepala Anda pada dasarnya miring yang membuat otot leher anda menekan arteri penting yang tersambung pada otak yang memuat otak tidak mendapatkan darah yang cukup.

3.      Atur suhu yang sesuai di kamar Anda
Lembaga Tidur Nasional Amerika Serikat menyarankan untuk membuat ruangan Anda tetap pada suhu antara 15 – 19°C karena temperature tubuh kita meningkat ketika mulai tidur.

4.      Investasikan tempat tidur yang bagus
Lembaga Tidur Nasional Amerika Serikat mengingatkan bahwa kasur yang kita gunakan sebaiknya diganti setelah 8 tahun. Selain itu para ahli juga menyarankan mengganti bantal anda setelah dua tahun penggunaan.

5.      Jadikan kamar tidur Anda segelap mungkin
Dr. Joyce Walsleben seorang peneliti tidur, dokter, dan profesor di jurusan kedokteran Universitas New York membenarkan bahwa system tubuh sebenarnya mendeteksi cahaya melalui kelopak mata sehingga otak kita bingung dengan siang dan malam dan menghentikan produksi melatonin yang membantu tidur.

6.      Makanlah makanan yang tepat
Kita tahu bahwa diet mempengaruhi kesehatan dan penampilan, tapi tahukan Anda bahwa diet juga berpengaruh pada kualitas tidur. Ketika Anda banyak mengkonsumsi makanan dengan gula tinggi, maka temperature tubuh akan meningkat bersamaan dengan waktu panjang yang diperlukan untuk mengolah makanan tersebut.

7.      Gunakan penyumbat telinga
Jika Anda adalah seorang yang sensitif terhadap suara, penyumbat telinga dapat menjadi solusi. Bahkan jika Anda merasa bukan orang yang mudah terbangun, para ahli tetap menyarankan penggunaan penyumbat telinga untuk menghindari suara-suara kecil yang dapat menurunkan kualitas tidur. Ketika membeli penyumbat telinga perhatikan tingkat reduksi suara sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin memblokir seluruh suara belilah penyumbat telinga dengan tingkat reduksi tertinggi yaitu 39 desibel.

8.      Atasi stres Anda
Sebagus apapun kasur atau bantal yang Anda miliki, jika Anda merasa cemas atau stress Anda tidak akan bisa tidur. Coba tenangkan diri Anda sebelum tidur, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan meditasi. Beberapa atlet dunia melalukan meditasi untuk meningkatkan fokus dan menjernihkan pikiran, termasuk LeBron James, Kobe Bryant, Derek Jeter, dan lainnya.

Tidur memang terdengar seperti hal sepele, namun sebenarnya dapat sangat mempengaruhi seluruh kegiatan kita. Jika Anda bangun tidur dengan bada tetap terasa capek dan seperti kurang tidur maka gairah untuk beraktivitas akan berkurang. Sebaliknya tidur yang cukup dengan kualitas yang baik dapat mempengaruhi produktivitas kita. Jadi akankan Anda mencoba trik-trik diatas?


Daftar Pustaka
Bright Side. “8 Tricks to Sleep Better According to Athletes.” Youtube. Youtube, 24 November 2018. Web. 23 Juni 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Alternatif

Multiple Intelligences